Rabu, 18 Maret 2015

Curahan Hati Dari Belantara (Pekerja dan pengusaha)

Sebenernya saya bingung mau memberi intro yang bagaimana. Karena inti yang ingin saya sampaikan adalah komentar hebat pada status saya yang mengkritik para pencari kerja 'malas'. Hasil dari rasa gemas saya yang kemudian mengundang orang-orang untuk bercerita.

Sebelumnya saya memposting status di Grup Fb "Info Lowongan Kerja Bantul dan Yogyakarta" dan "Lowongan Kerja Yogyakarta Istimewa"

Rada sensi sama orang yang nggak kerja, minta dikasih lowongan dengan syarrat bla-bla-bla tanpa didukung kemampuan dari dirinya sendiri, setelah dikasih lowongan nyacat yang gajinya kecil lah, cuma kerjaan begitu nggak ada gengsinya lah.
Serius saya nggak suka
Maaf ya curhat, liat di beberapa posting nemu komen-komen orang yang begitu tuh.. Sombongnya itu lho..
Buat pelajaran aja. Sadar diri dululah. Gaji sesuai kemampuan. Gaji sesuai kinerja. Orang yang ngegaji kamu itu juga kerja keras biar bisa ngegaji kamu dan dirinya sendiri. Kamu lho cuma mikirin perutmu. Dia tu mikirin kamu dan temen-temenmu, kadang malah lupa sama dirinya sendiri.
Nggak niat nyacat juga tapiiii... ya plis yaaaa...

Dan komentar-komentar yang menurut saya keren sekali adalah (beberapa ditulis oleh para pengusaha yang sudah lama berkecimpung dan makan banyak garam)

rung tau ngraasake jerih payah kesandung alangan demi sesuap nasi kok lur.. aq yo arep curhat ki.. mbiyen aq jaman smp. muk di ece ro satpam ku.. aq smp ki ora lulus.. dari pada pindah sekolah mbYar 3juta.. trimo tak go tuku motor elik.. penting iso mlaku.. trus aq dijak pakdheku dadi kuli kiro2 rong taunan lah.. pertama x aq ngrasake oleh gaji seminggu 200 ewu kii wes seneng bgt aq.. soyo suwe dadi tekan 320 seminggu.. tApi kan kerjo ne ora mesti to .. kadang nek nganggur ki iso 2 minggu ..aq mikir njutan.. aq nek ra kerjo rep mangan opo .. . akhire aq nglamar neng rm.padang .. retira lur iki kerjo sek pengalaman paling buruk.. .. lha tidak sesuai perjanjian.. akhire sedino langsung resend.. dadi kuli mneh aq.. njut pas dolan dolan aq kenalan ngobrol.. pikir ku ki kui muk wong biasa (kAryawan) .. aq takok ngene bro njenengan kerjo ten pundi .. wonge njawAb .. neng clothing jew bro.. hayoo mezti aq genah takok.. neng gonmu ono lowongan ora bro.. wonge njaWAb .. moro wae bro neng gonku le kerjo .. njut di kei alamate.. aq moro dolan yo ketemu kui.. njut aq takok .. bro aq mbok tulung di lebokne neng gonmu kene.. .. ngerti ra le njawab penak bgt wonge.. "lha kapan rep mlebu" hayo aq genah jawab santai bro nek wes oleh panggilan seko juragan mu to yo.. ketoke aq menguasai nek muk neng kene.. njut aq rep pamit bali mulih ..malah di takoni njaluk gaji piro bro.. yo aq njawab.. gaji ra penting sek penting dadi cah gaul.. de.e muni sebulan 650 glm ra. . tak jawab santai bro .. rapopo.. njut muni sesok iki mangkat yo.. .aq rodo mikir.. hAaaaaaa?????? lha ngko nek juragan mu kaget pie.. ra pd je aq.. ..ladalahh de.e muni.. santai wae bro juragan e aq kok.. malah aq dewe sek kaget.. akhire kerjo neng clothing ra nyongko mben sasi mundak mundak terus nganti pool 2th kerjo dadi gaji 2.3jt mben sasi.. akhire aq jatuh sakit kira kira 5 setengah bulan.. aq njaluk resend .. njut aq di gawAni duet 3juta kon go usaha nek mari.. akhire aq buka bakso bakar "arjuna" tapi gAji ku ro karyawanku malah okeh karyawan ku.. aq ki kadang crito ro koncoku.. sek goblok aq po pie to .. kudune nek juragan ki hasile luih okeh dari pada ANak buahe to.. njut aq mikir dowo.. bukak cabang 3 sisan .. mati po mukti.. sehari hari ne aq kerjo melu juragan ku mneh saiki.. tapi pindah neng bordir.. gaji awal sak juto limang atus.. wi mergo aq di celuk kon nyekel mesin e (Gotenk Kucrit Sobokebon)
..
makane aku yo ra tau golek gawean aneh2.golek gawean sing ckup aku iso,utowo nyawang kemampuane dwe.isane ngelas yo mangkat nek kadang ono proyek las,bangunan,tani,opo wae,powder coating,buffing,poleshing,checker chemical,restoran,bahkan smpet nyekel pt bgus jaya technik neng bekasi.tpi kbeh kmbali neng awake dwe.kuat digowo.ra kuat diselehke.sing penting dirembug apik2,kabeh duwe hak +batesan.dadi general managerpun ra bkal betah to nek digaji 800rbu sebulan? sing jare rembukan awal bagi hasil dri invoice 10% dadi 800ewu?pdahal tagihan per invoice mencapai 25jt perbulan? ning kenopo aku melu buruh bngunan neng pelabuhan priuk gajiku wutuh podo koyo janjine? manungso ra ono sing sampurno.urip raono 100tahun.wis ben.seng kuoso sing mbales.wong maido bkale nganggo.rausah smelang.dilakoni.tetap fokus.rausah nyita waktu+pikiran sing ra penting.apik yo digowo.elek diselehne.ya itu tadi.kbeh duwe hak+peran... rausah terlalu formal... cari karyawan ra perlu pinter,pinter mbantah,pinter nyacat,pinter minteri...sampeyan yg memegang kemudi perusahaan anda... carilah karyawan yg biasa saja,tapi nurut,ngerti,mu mpuni,tanggung jawab... kalau udah dapet yg kayak gtu,pertahankan! karena itu aset anda...! (ndleming) (Satri Aji)
,,,
 aku kerjo neng bangunan ew wes bersyukur banget sedulur ,,,bayarane wes cetto mung 50 ewu sedino ,,"'KENNEK" kuwi she ngopeni anak bojo,,,nek di nalar gaji semono yo mesti kurang nggo urep bendinane ,,tapi yo alhamdulillah,,kabeh kuwi nek di syukuri iso dhadi berkah,,,syaratte mung 1 sedulur ,,JUJUR ,,di lakoni ae op seng wes dadi dalane,, (Achry Madkho)
...
krjo ki kudu ikhlas..yen jeh enom ki ngumpulke pgalaman ro duit sitik2. ra kudu lgsg sugeh iso tku mtor. ko nek wes pgalaman akeh, ktrampilan akeh, lg pasang standar gawean sik gaji gde rapopo. .aku ki lulusan d3, tak rewangi mgkat sko bntul kdul dwe tkan lor tugu,gajine ra nganti sjuta, shift meneh. iso go tmbh pgalaman we wes sneng..(Fajariyani Dewi)
...
aq dewe cah raantau gan nek yogjo.kerjo muk paart time.alhamdullilah gaji UMK terus dri dulu semester 3 sampai sekrang.tak liat banyak sik nyari kerja buat part time.eh giliran d kasih. pada nolak. bilangnya caalon maahasiswa lah atau gengsilah..nek muk ngendelke gengsi gag bakalan makan...(Dwi Cahyono )
...
Ketika sedang berhadapan dengan anak muda, memang sudah sepantasnya memberi saran, menyadarkan mereka,,,,,,,,,,,,,,,,,,, Tetapi, ketika sedang dalam konteks pemimpin perusahaan,,, sebisa mungkin jauhi sikap demikian.... Bos curhat pada karyawan itu sifatnya individu, memang bagus bisa sharing,,, tetapi,, jika bos dan karyawan sama2 memikirkan perusahaan dengan kuantitas yang sama, maka ketika bos stres berat, semua karyawan juga stre berat, artinya, perusahaan sedang kritis. Akan berbeda jika karyawan bertinda sesuai porsinya, saat bos stress karena banyak pikiran, karyawan masih fresh dan bisa jernih berpikir tentang jalannya perusahaan.... tak perlu meminta karyawan setara dengan bos cara berpikirnya karena fungsi dan peran mereka memang beda. Bahkan trouble maker sekalipun bisa jadi manfaat dalam perusahaan, apalagi cuma pencela.... Lebih baik fokus pada perkembangan usaha. Jika nanti sudah berhasil sukses usahanya, "semoga", bisa memeberi motivasi pada para pemuda, bagaimana memulai dan membangun suatu usaha (Kebenkauleh Ngakantaneman) 

KrisWanto cari pekerjaan dulu bru dapt uang bukan cari uang lo kita cari uang yg kita gak kan menemukan pekrjaan yg pas dan tdk merasa puas... " jangan menunggu waktu yg tepat untuk melakukan sesuatu karna wktu gak akan pernah tepat bagi mereka yg menunggu"
Inspirasi Dalam Sunyi Saya juga pernah merasakan jatuh bangun mencari kerja tanpa pendidikan cukup kasare sampai di pecat tanpa pesangon muk gara gara kecelaka'an juk duit setoran ilang ijeh patah kaki y wes tau tapi dari kejadian tsb aku juk ajar gambar,ajak ndesain pake potosop.akhire aq iso ngadek meneh,sik ketoe bkal mati ujunge sitik2mukti tanpo melu juragan.hehe tetep semangat slg mendoakan semuga sukses wat kita semua
Orang-orang hebat, yang mau berbagi pelajaran
Orang-orang yang tidak saya duga memberi saya kuliah yang luar biasa malam hari ini
Good luck buat semuanya
Yang jadi pengusaha]dan para pencari kerja yang memahami apa itu proses kehidupan


Popular Posts

Search This Blog