Sabtu, 14 Desember 2013

Ketika Monas Dibangun

Kapan Monas mulai dibangun?



Oh, sebelumnya, apa itu Monas?
Menurut mbak Wiki, Monumen Nasional atau yang populer disingkat dengan Monas atau Tugu Monas adalah monumen peringatan setinggi 132 meter (433 kaki) yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda.

Oke sekarang baru kita jawab, KAPAN MONAS DIBANGUN?
 Monas mulai dibangun pada tanggal 17 agustus 1961 atas gagasan presiden Soekarno setelah berhasil mengembalikan ibukote Indonesia kembali ke Jakarta. Monas diarsitekturi oleh  Friedrich Silaban dan R. M. Soedarsono dan dibuka untuk umum pada tanggal17 Juli1975.

Memangnya ada apa ketika Monas dibangun?
Yang pasti ada keramaian di sepetak tanah berukuran 80 hektar di pusatkota Jakarta. Palu-palu yang berdentang menghantam paku, kayu-kayu dan ember yang berdebam dilempar, dan bising suara mesin yang berderu.

Selain itu. Let's kita ulas!
> Pemberontakan 30 September 1965 (yang sebenarnya terjadi 1 Oktober -katanya-)
> Maraknya Beach Party dengan bikini pada tahun 1963
> Pada masa tersebut, dunia mode dan life style mengalami banyak perubahan tren. Seperti : Mary Quant yang menemukan rok mini , dan Jackie Kennedy yang memperkenalkan topi kotak obat yang menjadi sangat populer . Bulu mata palsu yang dikenakan oleh wanita sepanjang tahun 1960 , dan gaya rambut mereka berbagai panjang dan gaya . Sementara berfokus pada warna dan nada , aksesoris kurang dari pentingnya selama tahun enam puluhan . Orang-orang berpakaian dalam cetakan psikedelik , warna stabilo , dan pola serasi . The gerakan hippie pada akhir dekade ini juga diberikan pengaruh yang kuat pada gaya pakaian wanita , termasuk jeans bell - bottom , tie-dye , dan kain batik , sebagai serta paisley cetak .

> 22 Februari 1967- Sidang Istimewa MPRS, menghasilkan ketetapan MPRS No. XXXIII/1967 tentang pencabutan kekuasaan pemerintahan negara dari presiden Sukarno dan menyerahkannya kepada Mandataris MPRS
> Undang-undang Penanaman Modal Asing di Indonesia dicanangkan pada tanggal 10 Januari 1967
> Perang Arab-Israel 1967, merupakan peperangan antara Israel menghadapi gabungan tiga negara Arab, yaitu Mesir, Yordania, dan Suriah, dan ketiganya juga mendapatkan bantuan aktif dari Irak, Kuwait, Arab Saudi, Sudan dan Aljazair. Perang tersebut berlangsung selama 132 jam 30 menit (kurang dari enam hari), hanya di front Suriah saja perang berlangsung enam hari penuh.

Popular Posts

Search This Blog