Minggu, 25 Agustus 2013

Ritual

Kata tante wiki ritual adalah serangkaian kegiatan yang dilaksanakan terutama untuk tujuan simbolis. Ritual dilaksanakan berdasarkan suatu agama atau bisa juga berdasarkan tradisi dari suatu komunitas tertentu. Kegiatan-kegiatan dalam ritual biasanya sudah diatur dan ditentukan, dan tidak dapat dilaksanakan secara sembarangan.

Di sini aku bukan agama. Bukan komunitas. Ritual ini bagiku hanya runtinitas. Mengapa ritual? Entah, aku suka menyebutnya begitu.   Suatu kegiatan yang sengaja kuwajibkan ketika aku melalui jalan itu. Khususnya rumah itu. Tanpa tujuan simbolis apapun kecuali rasa tertarik.

Jalan Piyungan-Prambanan

Setiap kali. Setiap saat. Seperti yang kubilang, aku tertarik. Karena ada yang menarik dari jalanan itu. Rambut yang berkibar di atas Yamaha Mio merah. Bukan lagi Wimcycle merah. Ada yang mendebarkan dibalik pintu coklat ke-oranye-an itu. Siluet hitam dalam remang-remang lampu senja. Sudah meninggi. tak lagi 1 cm lebih tinggi daripada aku. Kini mungkin 10 cm. Atau 15 cm. Atau bahkan lebih.

Setiap di saat-saat itu, kulambatkan lajuku. lalu kupejamkan mata. Dan mantra-mantra kuucap. Perkenankan aku,Tuhan... perkenankan aku... Lalu tergeraklah sendi putar dileherku. tepat di depan rumah itu. Tepat di jajaran pintu coklat ke-oranye-an itu.

Berhari, berminggu, berbulan, bertahun, berwindu, berdekade.

Aku menua, jalan itu menua, siluet itu mulai membungkuk.

Ritual. Ritua-l. Ritu-a-l. Rit-u-a. Ri-t-u. R-i-t. R-i.R.-

Lambat laun.. menghilang. Mungkin aku bosan. Mungkin juga aku menyadari tak akan ada yang terjadi. Aku lupa untuk melambatkan lajuku. Aku lupa untuk memejamkan mata. sendi putar dileherku tak ingat untuk tiba-tiba menatap jajaran pintu coklat ke-oranye-an itu. 

Dan hari ini, aku hanya sekedar mengingatnya



Popular Posts

Search This Blog